Jumat, 12 September 2014

Perbedaan Otak Cowok Dan Cewek

Sobat dumay, Enggak hanya secara fisik cowok dan cewek berbeda. Dalam berpikir pun ada perbedaan yang khas. Ini dia perbedaan otak cowok dan cewek.

Otak cowok lebih kompleks
Michael Gurian dalam bukunya What Could He Be Thinking? How a Man's Mind Really Works, menjelaskan perbedaan antara otak cowok dan cewek. Menurutnya, otak cowok cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks sehingga membuat cowok memiliki kemampuan unik dalam hal tertentu, misalnya perancangan, pengukuran, dan manipulasi benda-benda fisik.
 Cewek bisa lebih banyak bicara
Diketahui pula bahwa kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri - kanan (corpus collosum) pada otak cowok ternyata lebih kecil seperempatnya dibandingkan dengan otak cewek. Hasilnya, kebanyakan cowok menggunakan belahan otak kanan, sedangkan cewek bisa memaksimalkan kedua belahan otaknya. Inilah yang menyebabkan cewek bisa lebih banyak bicara dibandingkan dengan cowok.
Perbedaan hormon
Perbedaan juga menyangkut kandungan hormon. Otak cewek terbukti lebih banyak mengandung serotonin yang membuat cewek lebih kalem, sedangkan cowok lebih cepat naik pitam. Otak cewek juga memiliki lebih banyak oksitosin, zat yang berperan dalam mengikat manusia dengan manusia lain atau benda-benda. Dua hal tadi jelas mempengaruhi kecenderungan cowok yang lebih kerap bertindak dahulu ketimbang bicara.
Pusat memori cewek lebih besar
Masih ada lagi perbedaan otak cowok dan cewek: pusat memori (hippocampus) otak cewek lebih besar ketimbang milik cowok. Ini menjawab pertanyaan mengapa cowok lebih mudah lupa sedangkan cewek bisa mengingat banyak hal secara detail.

Tidak ada komentar: